Arti Teks Prosedur Kompleks, Kalimat Penyusun, dan Contoh Teks Prosedur Kompleks

Teks Prosedur Kompleks

Apa itu itu teks prosedur kompleks ?
Teks prosedur kompleks adalah teks yang berisi langkah-langkah atau tahapan-tahapan yang harus ditempuh untuk mencapai tujuan. Contoh teks prosedur kompleks:


Proses Pengurusan KTP - Elektronik


           Indonesia telah memberikan kemudahan dengan membuat e-KTP menggantikan KTP lama yang mempunyai banyak kekurangan. E-KTP lebih unggul dari KTP lama karena beberapa sebab, salah satunya e-KTP tidak perlu ditukar atau diubah jika ingin pindah dari suatu daerah ke daerah lain. Lain halnya dengan e-KTP, KTP lama harus selalu ditukar atau diubah jika ingin pindah ke suatu daerah di Indonesia, artinya KTP lama tidak berlaku diseluruh daerah Indonesia, sedangkan e-KTP juga berlaku seumur hidup dan proses pembuatannya mudah serta gratis bagi rakyat yang ingin membuatnya.
           Syarat-syarat yang harus dipenuhi tidaklah sulit, yaitu:
  1. Berusia 17 tahun
  2. Menunjukkan surat pengantar dari RT
  3. Mengisi formulir yang ditandatangani oleh RT
  4. Fotokopi Kartu Keluarga (KK)
          Ada beberapa langkah-langkah dalam mengurus e-KTP, yaitu:
  1. Untuk mengurus e-KTP, mula-mula anda harus datang ke Kantor Camat di dekat rumah anda, ambil nomor antrean, tunggu pemanggilan nomor antrean.
  2. Setelah nomor anda dipanggil, segera menuju ke loket yang ditentukan.
  3. Kemudian masukkan data diri dan foto serta sidik jari anda, setelah semua dilakukan maka pembuatan e-KTP telah selesai. KTP akan selesai dan dapat diambil dua minggu kemudian.

Kalimat-kalimat yang terkandung dalam teks prosedur kompleks:

  1. Kalimat Imperatif (kalimat perintah) adalah kalimat yang berfungsi untuk meminta atau melarang seseorang untuk melakukan sesuatu. Contoh : Kenali si petugas !
  2. Kalimat Deklaratif adalah kalimat yang berisi pernyataan yang berfungsi untuk memberikan informasi atau berita tentang sesuatu. Contoh: Pengendara mengenali si petugas.
  3. Kalimat Interogatif adalah kalimat yang berisi pernyataan yang fungsinya untuk meminta informasi tentang sesuatu. Contoh: Apakah pengendara mengenali si petugas?

Sekian dari saya semoga bermanfaat dan anda merasa puas.

7 Responses to "Arti Teks Prosedur Kompleks, Kalimat Penyusun, dan Contoh Teks Prosedur Kompleks"